Dari buku The 5 Essential People Skill - Dale Carnegie Training
Perangkum: SS.Mifu
1. Kekhawatiran dan rasa takut adalah dua faktor yang menghalangi seseorang meraih kesuksesan
2. Dengan kemajuan teknologi dan kecepatan bisnis, seseorang yang menguasai keterampilan interpersonal tidak hanya menjadi aset yang lebih bernilai di tempat kerja, tetapi juga meraih kesuksesan lebih besar
3. Komputer dan telepon seluler membuat kehidupan kita sangat berbeda, tetapi nilai penting people skill tidak pernah dan takkan pernah berkurang
4. Teknologi baru memang telah mempercepat proses kerja di lingkungan kerja modern, namun teknologi baru juga telah menaikkan harapan tentang seberapa cepat sebuah pekerjaan harus diselesaikan
5. Pekerjaan dalam banyak hal menjadi makin mudah dan cepat, tetapi tekanan yang dihasilkannya juga makin besar
6. Stres terjadi di mana-mana dan setiap saat – dan ketika ketegangan meningkat, potensi gesekan antarindividu juga meningkat
7. Apapun bidang pekerjaannya, di bidang teknik sekalipun, tingkat keberhasilan seseorang ditentukan oleh kemampuannya berinteraksi dengan orang lain
8. Fokuskan perhatian pada lima bidang penting yang harus dimiliki setiap orang berikut: pembinaan hubungan baik, rasa ingin tahu komunikasi, ambisi dan penyelesaian konflik
9. Ada sebuah aspek people skill yang merupakan fondasi segala jenis interaksi antarmanusia secara efektif, yaitu perilaku asertif
10. Perilaku asertif adalah kemampuan untuk berbicara dan bertindak dalam cara yang akan menyebabkan orang lain menanggapi dengan penuh perhatian dan positif
11. Setiap manusia umumnya ingin diperlakukan secara adil dan ketika merasa tidak diperlakukan secara adil, pasti menuntut perlakuan semacam ini
12. Agar diperlakukan secara adil, perlulah secara jelas, cermat dan efektif mengungkapkan kesukaan, kebutuhan, opini, penolakan dan perasaan lainnya
13. Seseorang bertanggung jawab untuk mengungkapkan kebutuhan pribadinya dan untuk melakukan hal tersebut secara tepat dan produktif
14. Jika tidak melakukan hal tersebut, maka seseorang tidak hanya akan kehilangan apa yang menjadi haknya, tetapi juga merampas hak orang-orang di sekitarnya atas kontribusi nyata yang menjadi kewajibannya
15. Sebenarnya dari menyatakan diri secara asertif adalah menetapkan ukuran yang masuk akal agar diperlakukan secara adil
16. Menyatakan diri secara positif adalah garis tengah antara dua ekstrem yakni agresivitas ceroboh dan positivitas pengalah, orang yang benar-benar pandai berperilaku asertif bukan keduanya
17. Di antara dua kutub itu, ada orang yang tahu cara menyampaikan gagasannya tanpa mencegah orang lain menyampaikan gagasan mereka, seseorang yang dapat melakukan hal tersebut disebut asertif
18. Di dalam lingkungan bisnis, tanggapan yang asertif terdiri atas tahu bagaimana sebenarnya perasaan diri sendiri dan kemudian mencari cara untuk mengungkapkan perasaan tersebut
19. Tanggapan yang terlalu pasif dan terlalu agresif pada dasarnya adalah perilaku kekanak-kanakan, namun hal yang paling baik dilakukan adalah berperilaku asertif karena inilah sikap yang dewasa
20. Tanggapan orang yang terlihat paling dewasa selalu menjadi pemenang, sedangkan jika menggerundel dan mengeluh atau marah-marah, maka orang tersebut kalah
No comments:
Post a Comment