Saturday, December 7, 2019

SUPAYA LULUS WAWANCARA KERJA

buat orang-orang yg seumuran dengan admin, tahun 2017-2020 mungkin jadi tahun-tahun untuk cari kerja. ini beberapa tips yg bisa ngelancarin proses wawancara kerja:

1. cari tau tentang calon tempat kerja, orang yg ngurus masalah perekrutan dan kesempatan kerja yg ada

sebelom terjun bertempur, siapkan dulu data seluk-beluk "musuh", supaya tau celah- celah yg kiranya bisa dipake buat ngelancarin misi.

cari tau seluk beluk calon tempat kerja lewat internet, kerabat, orang dalem dll.

2. paham pertanyaan pasaran

ada beberapa pertanyaan yg pasaran, selalu ditanya sama perekrut kepada calon pekerja. pahami pertanyaan-pertanyaan ini, biar kagak kepeleset. malu maluin kalo ditanyain pertanyaan pasaran aja udah kepeleset.

oh ya, cari tau juga saat diwawancara itu yg nanyain ada beberapa orang. beda jumlah penanya, beda taktik.

3. pake baju yg kiranya pas

kultur tiap tempat kerja itu beda-beda, jadi cari tau dulu kulturnya, terutama gaya berpakain yg umum disitu.

orang yg pake baju formal belom tentu dilirik, apalagi banyak usaha baru yg dibuat anak muda sekarang yg mereka itu carinya orang-orang bergaya riang gembira.

beda ladang, beda ilalang.

4. tepat waktu

dateng buat wawancara bagusnya tepat waktu, malah nunggu bentar kagak masalah. telat itu bikin pikiran kacau.

nih ya, banyak orang yg kebiasaanya telat, tapi pas mau kerjasama sama orang, dia tetep mau pas waktunya. realita di lapangan.

5. buat kesan pertama yg indah

mayoritas orang tu ya, nilai orang lain dari pandangan pertama. jarang-jarang ada yg mau mikir mendalam setiap ketemu orang baru.

bagusnya, berlaku ramah kepada tiap orang yg baru ditemui. banyak perekrut pekerja baru itu yg ngamatin tindak-tanduk si calon di luar ruang wawancara.

jadi, buatlah kesan pertama yg indah.

6. percaya diri, fokus, jelas dan kagak ngeledek mantan majikan

percaya diri, fokus, jelas itu jelas dibutuhkan saat wawancara, karena biasanya ya, kalo kagak ada 3 itu, orag bakal gemeteran, sakit perut ama pusing. buyar dah.

juga jangan ngeledekin mantan majikan pas wawancara. anda kagak tau, mungkin aja calon tempat kerja anda ada hubungan khusus dengan mantan majikan anda.

biasain jangan seleding orang biar diri sendiri naek.

7. perhatiin bahasa tubuh

ada orang yg ngomongnya kemana, tapi bahasa tubuhnya ceritain yg laen. yah, bahasa tubuh itu relatip di tiap tempat, jadi, sesuaikan saja.

tapi, ada bahasa yg menurut admin universal buat bikin orang yakin, yaitu: tatapan mata yg mantep, posisi duduk yg cocok, gaya bicara yg enak sama tangan yg kagak gatelan.

8. buat pertanyaan balik yg nancep

kadang pewawancara bikin pertanyaan yg buat si calon kepeleset. balikin tuh dengan yg lebih nancep.

kemungkinannya 2, anda ditolak mentah-mentah atau malah dikagumi dan langsung diterima.

pertanyaan yg nancep itu ya, biasanya dibuat sama orang yg udah cari-cari info. usaha ini biasanya dihargai sama pewawancara.

9. tampakkan diri anda sebagai pemecah masalah

suatu usaha itu cari orang baru yg bisa mecahin masalah, bukannya beban baru.

10. ucapkan terima kasih

ucapkanlah terima kasih kepada semua pihak yg terlibat. ucapan terima kasih itu pendek, tapi efeknya dahsyat.

BONUS:

ADA KONEKSI ORANG DALEM!

tulisan ini banyak dirubah dari aslinya sama saya, karena saya masukin pengalaman saya sendiri sebagai pemilik usaha.

sumber:

https://www.livecareer.com/career/advice/interview/job-interview-tips

No comments:

Post a Comment