yg harus pertama kali dipahami oleh penyalur barang adalah sifat dasar manusia yg ingin segera mendapat barang yg ia pesan.
tapi itu mustahil (ya untuk saat ini), kecuali si pembeli datang langsung.
nah, di jaman e-commerce / ekonomi digital begini, masalah distribusi ini titik fokusnya ada di agen pengiriman barang.
jadi untuk mengkompromikan antara keinginan untuk segera sampainya barang dan kemampuan agen pengiriman, dibutuhkan data.
data-data yg dibutuhkan antara lain:
1. ongkos kirim
2. performa agen beberapa tahun kebelakang dan saat ini
3. relativitas kinerja agen di beberapa daerah tertentu
4. kepekaan terhadap komplain
5. kemudahan administrasi
6. jarak kantor agen dan lokas pengirim barang
7. cara penentuan ongkos kirim
8. ketepatan saat cek resi paket
9. ada bungkus pelindung tambahan yg diberikan agen atau tidak
10. jam operasional agen
tapi itu mustahil (ya untuk saat ini), kecuali si pembeli datang langsung.
nah, di jaman e-commerce / ekonomi digital begini, masalah distribusi ini titik fokusnya ada di agen pengiriman barang.
jadi untuk mengkompromikan antara keinginan untuk segera sampainya barang dan kemampuan agen pengiriman, dibutuhkan data.
data-data yg dibutuhkan antara lain:
1. ongkos kirim
2. performa agen beberapa tahun kebelakang dan saat ini
3. relativitas kinerja agen di beberapa daerah tertentu
4. kepekaan terhadap komplain
5. kemudahan administrasi
6. jarak kantor agen dan lokas pengirim barang
7. cara penentuan ongkos kirim
8. ketepatan saat cek resi paket
9. ada bungkus pelindung tambahan yg diberikan agen atau tidak
10. jam operasional agen
ya memang beberapa poin diatas butuh waktu dan usaha yg lebih untuk dikuasai.
tapi jelas, kerja keras & cerdas tidak mengkhianati.
tapi jelas, kerja keras & cerdas tidak mengkhianati.
semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment