Tuesday, December 10, 2019

PONDASI POLA PIKIR PEBISNIS

jadilah seorang yg sangat ahli di suatu bidang, supaya bisa totalitas berkarya.

nggak semua bidang bisa dikuasai, realistis aja.

seorang yg sangat ahli, akan menonjol, jadi misalnya dia penjual buku, paham seluk beluk buku-buku yg ia jual, ia akan "keliatan". jadi orang-orang bakal beli ke dia,
apalagi jika ditunjang komunikasi yg mantap.
keseriusan melahirkan apresiasi dari pihak lain, dan apresiasi bisa mendatangkan uang.

sumber daya terbatas, jadi jangan nafsu semua mau dijual.

jual aja yang barangnya mudah didapat, harga jelas, stok jelas, supplier respon cepat, bisa dikirim cepat.

cerdas lah mengelola sumber daya, bisnis itu seperti perang, wajib ber-taktik.

pelan-pelan membangun, jitu melangkah.

usaha apapun, terutama dagang, beresiko rugi, gagal.

terjang terus, kalo gagal ya bangun lagi, gitu aja terus.

nggak ada orang sukses, nggak ada orang besar yg mulus jalan idupnya.

orang yg bangkit dan jadi lebih baik setelah gagal itulah yg sukses.

ujian itu jadikan sebagai ajang menempa diri.

usaha apapun di masa awalnya, haruslah membuat ciri khas. ciri khas yg membuat dia berbeda dari usaha yg lain, jadi menonjol. karena menonjol, jadi keliatan sama orang. itu bisa dimulai dari:

1. target pasar yg jelas

2. pelayanan yg cepat, info lengkap, ramah (relatif)

3. suplai barang jelas dan jangan ngincer untung besar dulu, tapi ngincer nambah pembeli, ekspos ke publik dan pembentukan basis langganan.

4 comments: